JUAL BELI MOBIL BEKAS

Torri Donley

Dimasa Pandemi seperti sekarang ini, tentunya kebutuhan akan transportasi semakin meningkat. Apalagi konsumen sekarang berorientasi pada mobil bekas karena tidak berpatokan pada jenis mobil, melainkan menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Seperti diketahui bahwa harga pasar mobil bekas saat ini lebih stabil dibandingkan dengan mobil baru, bahkan kelipatannya hamper dua kali […]

Dimasa Pandemi seperti sekarang ini, tentunya kebutuhan akan transportasi semakin meningkat. Apalagi konsumen sekarang berorientasi pada mobil bekas karena tidak berpatokan pada jenis mobil, melainkan menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Seperti diketahui bahwa harga pasar mobil bekas saat ini lebih stabil dibandingkan dengan mobil baru, bahkan kelipatannya hamper dua kali lebih besar dibandingkan mobil baru.

Dan tentunya setelah menyesuaikan dengan dana, kita tinggal memilih merk mobil yang kita inginkan, dimana mobil bekas paling laris sesuai keadaan sekarang dipasaran dan dapat digunakan untuk jalan – jalan Bersama keluarga adalah seperti :

  1. Avanza
  2. Innova
  3. Grand Livina
  4. Jazz
  5. Yaris

 Melihat peluang ini, tentunya banyak dimanfaatkan sebagian masyarakat sebagai wadah jual beli dengan cara membuka usaha showroom ataupun leasing untuk jual beli mobil bekas.

Trik lain yang bisa membuat bisnis jual beli mobil bekas bisa menjanjikan sebagai sumber pendapatan adalah ketika stok mobil yang Anda tawarkan memiliki merek yang menjadi favorit di pasaran. Selain itu, pastikan juga bahwa tahun pembuatan mobil tersebut tak terlampau lama. Sebab konsumen pastinya akan menimbang-nimbang untuk membeli mobil ketika mesinnya sudah ketinggalan zaman atau desainnya relatif tak menarik. Mobil bekas yang masuk kategori cepat terjual akan memberikan untung lebih cepat. Akan tetapi yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis jual beli mobil bekas adalah :

  1. Lokasi Showroom yang strategis

Tidak wajib harus memilikinya dalam arti showroom tersebut dibangun seperti showroom pada umumnya. Intinya, sediakan tempat yang cukup untuk memanjang stok mobil bekas yang hendak dijual. Pemilihan lokasi showroom juga memengaruhi bisnis ini nantinya. Karena itu, usahakan memilih lokasi showroom yang strategis semisal dekat jalan raya. Pemilihan lokasi yang tepat berpotensi menarik minat banyak orang untuk membeli.

  1. Mencari dan Mendapatkan mobil bekas yng diminati dan laku dipasaran

Trik lain yang bisa membuat bisnis jual beli mobil bekas bisa menjanjikan sebagai sumber pendapatan adalah ketika stok mobil yang Anda tawarkan memiliki merek yang menjadi favorit di pasaran. Selain itu, pastikan juga bahwa tahun pembuatan mobil tersebut tak terlampau lama. Sebab konsumen pastinya akan menimbang-nimbang untuk membeli mobil ketika mesinnya sudah ketinggalan zaman atau desainnya relatif tak menarik. Mobil bekas yang masuk kategori cepat terjual akan memberikan untung lebih cepat.

  1. Hindari Mobil yang ditawarkan Makelar

Selain perkara untung dan rugi yang mungkin dialami sewaktu membeli mobil dari makelar, Anda juga tidak bisa memastikan kondisi langsung dari mobil yang hendak Anda beli untuk dijual kembali. Berbeda saat mendapatkannya dari pemiliknya langsung. Anda bisa mengulik sendiri tentang kondisi mobil yang digunakan dan menganalisis apa saja yang bermasalah dari mobil tersebut untuk menentukan harga jual kembali.

  1. Memperbaiki dan Mempercantik mobil bekas agar tampak seperti baru agar siap dijual

Ingin menaikkan harga jual kembali dari mobil bekas yang Anda jajakan? Salah satu caranya adalah memeriksakan kondisi dalam mobil ke bengkel. Pastikan mesinnya dalam kondisi baik dan layak digunakan. Selain soal mesin dan kinerja mobil, Anda juga bisa memberikan perbaikan ulang dari segi warna dan mengurangi cacat yang mungkin Anda temui.

  1. Mengecek surat kelengkapan mobil yang akan dijual

Tidak ada konsumen yang bersedia membayar barang yang ternyata tidak legal. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut sekaligus menjaga nama baik beserta bisnis Anda, pastikan surat-surat mobil bekas itu lengkap dan tidak kurang satu apa pun, seperti STNK dan BPKB.

Disamping kita bisa memilih untuk jual beli mobil bekas, diera sekarang ini tentunya kita juga bisa membeli aneka macam mobil bekas secara online yang memudahkan kita dalam masa pandemic seperti sekarang, dimana kita dibatasi dalam bersosialisasi dengan sesame serta menjaga jarak.

Akan tetapi tentunya kita tidak boleh sembarangan dalam memilih showroom online, yang dapat menyebabkan kita kecewa dikemudian hari, Adapun showroom jual beli mobil bekas yang terpercaya salah satunya adalah di garasi.id, dimana di garasi.id calon konsumen dimanjakan dengan berbagai macam pilihan dan merk mobil – mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan budget yang kita inginkan.

Digarasi.id disediakan juga jasa inspeksi mobil bekas secara professional, yang mana sangat memanjakan calon konsumen agar percaya dan nyaman sewaktu akan membeli mobil bekas.

Apa itu Inspeksi mobil bekas? Apa saja yang dilakukan

Inspeksi mobil bekas adalah pengecekan yang dilakukan di 170 titik dalam mobil untuk mengetahui apakah mobil bekas tersebut memiliki kekurangan, kerusakan, atau ada beberapa part yang perlu diganti, bahkan kelengkapan dokumen pun akan kami lakukan.

Beberapa sektor yang kami cek antara lain adalah :

  • Surat-surat
  • Mesin
  • Kaki-kaki
  • Eksterior
  • Interior
  • Tes jalan
  • dll

Kenapa harus melakukan inspeksi mobil

Pembelian barang bekas memang tidak akan semulus ketika membeli barang baru. Untuk mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan ketika membeli mobil bekas, ada baiknya kamu melakukan inspeksi mobil yang ingin kamu beli. Dengan melakukan inspeksi kamu bisa tau apa saja kekurangan yang terdapat di dalam mobil, dan kemungkinan rusak apa saja yang nantinya akan timbul ketika digunakan.

Kamu juga bisa mengestimasikan apakah harga jual/beli yang kamu terima sudah berbanding lurus dengan kondisi barang yang akan kamu dapat. Dengan cara tersebut kamu bisa terhindar dari pembelian mobil bekas yang berkualitas jelek.

Jangan Lupa Mengikuti Langkah Ini Saat Membeli Mobil Bekas

Banyak orang yang ingin memiliki mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari apalagi untuk kamu yang sudah memiliki keluarga. Karena cukup mahalnya harga mobil baru dipasaran saat ini, maka tidak sedikit juga orang yang memilih pembelian mobil bekas. Mungkin kamu adalah salah satunya.

Bagian yang sangat penting dalam pembelian kendaraan bekas adalah kesehatan mesin. Mesin bagaikan jantung pada tubuh manusia, jika mesin ini sudah tidak sehat maka mobil pun akan tidak enak dikendarai. Kami memiliki tips sederhana bagaimana melakukan pengecekan kondisi mesin mobil bekas.

1.Cek Ruang Mesin

Pengecekan pertama yang bisa kamu lakukan adalah pengecekan pada ruang mesin. Untuk mobil yang relatif masih baru (5 tahun pemakaian) kamu harus coba cek apakah ada beberapa bagian pernah dilakukan pengecatan ulang. Jika ada terlihat pernah dilakukan pengecatan ulang berarti ada indikasi mesin pasti pernah diturunkan. Penyebab mesin diturunkan bermacam-macam salah satunya mungkin pernah terjadi tabrakan dari depan.

2. Kondisi Mesin

Cara paling mudah dalam melakukan pengecekan mobil adalah melihat apakah ada oli mobil yang tembus, rembesan, atau cairan lain yang tidak normal keluar dari sela-sela mesin. Lalu lihat apakah selang-selangnya ada yang bocor, rusak, dan terlihat tidak sehat. Karena biasanya orang yang menjual mobil bekas pastinya akan menutupi kekurangan dengan cara mencuci mesin.

3. Starter Mobil

Mobil bekas yang tidak ada masalah pastinya akan hidup jika dinyalakan pada saat keadaan dingin. Apabila mobil yang coba dinyalakan pada saat keadaan dingin tidak mudah hidup, itu merupakan indikasi ada aki mobil bermasalah atau mobil tersebut jarang diservis.

4. Indikator & SpeedoMeter

Saat keadaan mobil sudah menyala perhatikan indikator pada speedometer. Apabila tidak ada masalah pada oli, temperatur, dan aki maka lampu indikator tidak menyala.

5. Suara Mesin

Perhatikan suara mesin saat pertama kali mesin dihidupkan dari keadaan mesin sedang dingin. Dengarkan suara mesinnya, jika terdengar suara-suara tidak sehat maka ada indikasi bahwa mesin mobil bermasalah. Hindarilah mobil-mobil dengan keadaan mesin seperti itu.

6. Getaran Pada Mesin

Buka ruang mesin, dan perhatikan getaran mesin saat mobil sedang menyala. Apabila getaran mesin terlihat pincang itu berarti ada kerusakan pada busi mesin entah itu busi mati atau kotor.